Menghadiri Webinar DISAPA SPP-IRT

DPMKUKMPTSP, Jumat 17 Mei 2024. Menghadiri webinar DISAPA SPP-IRT (diskusi Seputar Penerbitan SPP-IRT).

Badan POM telah menerbitkan Peraturan BPOM Nomor 4 Tahun 2024 tentang Pedoman Penerbitan Sertifikat Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Olahan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) untuk memastikan produk pangan olahan rumah tangga memenuhi standar keamanan dan kualitas yang ditetapkan. Implementasi Peraturan BPOM Nomor 4 Tahun 2024 ini merupakan perwujudan sinergi bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pengawasan keamanan pangan Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP)

Untuk mewujudkan pengawasan pre-market IRTP sesuai standar, maka Badan POM perlu melakukan pendampingan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota c.q. Dinas Kesehatan dan DPMPTSP dalam menerapkan pengawasan pre-market Industri Rumah Tangga (IRT) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Dengan demikian kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat meningkatkan pengawasan dan pemantauan terhadap keamanan pangan di seluruh Indonesia demi kesejahteraan dan keselamatan konsumen. 

Sehubungan dengan hal tersebut Badan POM melalui Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan akan menyelenggarakan sosialisasi berupa Webinar DISAPA SPP-IRT (Diskusi Seputar Penerbitan SPP-IRT) dengan topik “Sosialisasi Peraturan BPOM No. 4 Tahun 2024 tentang Pedoman Penerbitan Sertifikat Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Olahan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT)”.

Sebagai Saran dan Masukan, ada dua hal yang  saya sampaikan dalam webinar tersebut:

1. Melihat alur yang ada pada bagan penjelasan (dan pengalaman kami di DPMPTSP), bahwa pelaku usaha melakukan unggah/upload rancangan label dan dan pernyataan komitmen. Nah kami kesulitan jika ada pelaku usaha ingin konsultasi mengenai rancangan label yang benar. karena ada penilaian rancangan label. kami di DPMPTSP tidak memiliki kewenangan dan kemampuan untuk memberikan penjelasan bagaimana rancangan label yang benar dan sesuai. apakah ada kontak BPOM yg dapat kami gunakan sebagai media konsultasi rancangan label. sehingga pelaku usaha yakin dgn labelnya. 

2. bahwa website sppirt.pom.go.id beberapa kali sulit untuk diakses, aksesnya lama dan beberapa kali down. mungkin bisa ditingkatkan lagi supaya lebih lancar mengaksesnya. 

Link Youtube


Komentar